Minggu, 01 Maret 2015

Tugas perakitan komputer


¢Selain mengetahui cara kerja komputer, ada baiknya kita mengenal hal-hal yang berkaitan dengan kesalahan (error) yang ditemukan dalam sistem komputer. Kesalahan ini ditemukan dalam bermacam-macam kasus, baik pemrograman, maupun dalam bidang lainnya dalam proses yang dilakukan dengan menggunakan komputer. Jenis error apa sajakah yang mungkin ditemukan dalam suatu proses eksekusi? Berikut jenis error yang sering ditemukan: syntax error, logical error dan run-time error. Makna dari masing-masing error kita bahas lebih dalam di bawah ini.
¢Syntax error adalah kesalahan yang diakibatkan karena penulisan atau tata bahasa yang tidak benar. Error ini membuat pihak yang diminta untuk mengerjakan sesuatu menjadi bingung, sehingga tidak bisa melakukan perintah tersebut. Contohnya, kesalahan mengetik print yang seharusnya printf.  Atau alamat situs yang diinginkan adalah htp://www.gmail.com/ terdapat kesalahan penulisan pada kata htp yang seharusnya adalah http. Apabila terjadi kesalahan jenis ini, proses tidak akan diberhentikan, atau tidak dilanjutkan, sampai yang bersangkutan menulis perintah membenarkan perintah tersebut.
¢Logical error adalah jenis kesalahan secara logika. Jika ditemukan kesalah dengan jenis ini, proses tetap dilanjutkan, namun tidak berjalan sebagaimana mestinya. Misalnya, buka halaman 6, padahal yang dimaksud adalah halaman 9. Bagaimana informasi yang Anda temukan? Tentu berbeda dengan yang semestinya Anda inginkan. Atau pada saat ingin menghubungkan mouse ke komputer melalui kabel USB, namun kabel yang Anda colokkan ke USB adalah kabel yang terhubung dengan printer. Kesalahan dalam logika ini akan mengakibatkan hasil suatu proses tidak sesuai dengan yang diharapkan, umumnya proses ini tidak berhenti karena kesalahan logika ini. Nah, kita memang harus hati-hati dengan kesalahan secara logic ini. Sistem akan memberikan informasi sesuai dengan yang anda berikan. Makanya ketelitian diperlukan di sini.
¢Run-time error disebabkan karena waktu suatu perintah dieksekusi, sistemnya sendiri yang tidak siap menerima perintah tersebut, bisa saja disebabkan permintaan yang anda lakukan sedang tidak tersedia, atau karena penyebab secara teknis lainnya. Misalnya, Anda mau mendengarkan radio, listriknya belum disambungkan, ya harus disambungkan dulu listriknya, baru bisa menikmati suara radio. Mau melihat berita di situs berita, alamat yang diketikkan sudah benar, komputer juga udah terhubung dengan internet, situs lain yang dikunjungi tidak ada masalah, tetapi kok situs berita tersebut nggak bisa diakses-akses. Ternyata server situs berita itu sendiri yang sedang down (istilah yang digunakan kalau server tidak aktif atau mati). Kesalahan jenis run-time error ini mengakibatkan proses dihentikan seketika, umumnya sistem memberitahukan kondisi yang diketahuinya jika ditemukan masalah seperti ini.
¢
¢Masalah BIOS
¢1.>Gejala : Hati-hati dalam Update Bios, ketika meng-Update anda keliru memilih versi Bios, PC jadi tidak jalan bahkan anda tidak dapat masuk ke BIOS.
¢>Solusi : Biasanya Update tidak dapat dibatalkan, hanya jenis Motherboard tertentu yang memiliki backup BIOS pada Chip-nya, Disitu tersimpan jenis asli BIOS yang tidak dapat dihapus, untuk dapat merestore-nya. Anda tinggal memindahkan Posisi Jumper khusus yang biasanya sudah ada petunjuk di buku manualnya. Kemudian hidupka PC dan tunggu 10 detik, BIOS yang asli telah di Restore, kembalikan Posisi Jumper pada posisi semula, dan PC siap dijalankan kembali. Jika Motherboard tidak memiliki pasilitas tersebut, Chip BIOS harus dikirim ke Produsen, Jenis BIOS dapat anda lihat di buku manualnya. Berhati-hati dalam pemasangannya jangan sampai kaki IC BIOS patah atau terbalik Posisinya.
¢
¢Kerusakan Pada Mother Board
¢Gejala :
¢Setelah dihidupkan, tidak ada tampilan di monitor, lampu indikator (led) di panel depan menyala, lampu indikator (led) monitor berkedip-kedip, kipas power supply dan kipas procesor berputar, tidak ada suara beep di speaker.
¢Solusi :
¢Langkah pertama lepas semua kabel power yang terhubung ke listrik, kabel data ke monitor, kabel keyboad/mouse, dan semua kabel yang terhubung ke CPU, kemudian lepas semua sekrup penutup cashing. Dalam keadaan casing terbuka silahkan anda lepaskan juga komponen-komponen lainnya, yaitu kabel tegangan dari power supply yang terhubung ke Motherboard, harddisk, floppy, hati-hati dalam pengerjaannya jangan terburu-buru. Begitu juga dengan Card yang menempel pada Mboard (VGA, Sound atau Card lainnya). Sekarang yang menempel pada cashing hanya MotherBoard saja. Silahkan anda periksa Motherboadnya dengan teliti, lihat Chip (IC), Elko, Transistor dan yang lainnya apakah ada yang terbakar.
Jika tidak ada tanda-tanda komponen yang terbakar kemungkinan Motherboard masih bagus, tapi ada kalanya Mother board tidak jalan karena kerusakan pada program yang terdapat di BIOS
¢Trouble pada RAM
Jika memori mengalami kerusakan/tidak terpasang dengan baik yang terjadi adalah:
¢Terdengar bunyi BIP 4X panjang terus menerus
¢Tidak ada tampilan/Blank
¢Led indikator /lampu monitor kedap kedip
¢Tindakan yang harus dilakukan adalah :
¢Perbaiki letak memori, dan tempatkan pada slot yang benar
¢Jika ternyata rusak ganti memori dengan yang lain / yang baru
¢
  
. penyelesaian kesalahan pada video dan soundcard:
Anda harus mengecek sound card yang ada di komputer anda terlebih dahulu .yang pertama kali yang harus dilkukan adalah anda harus membuka casing untuk melihat apakah sound card anda itu onboard atau add-on ,onboard itu adalah hardware yang sudah menyatu pada motherboard anda ,sedangkan add-on adalah hardware tambahan yang rata-rata berbentuk kartu .Jika sound card anda onboard maka anda harus menggantinya dengan sound card add-on ,mengapa ?karena sound card onbord itu tidak bisa diganti terkecuali ditempat service motherboardnya ,jadi harus diganti dengan sound card yang add-on cek dengan speaker anda yang masih bagus kalo tidak bisa keluar suaranya maka sound card anda telah rusak .yang kedua test di windows dengan cara melihat di toolbar sebelah bawah kanan bawah .lihat ,ada atau tidak gambar speaker disitu ?jika ada tapi suara dari speaker anda tidak keluar maka sound card anda telah rusak ,harus diganti dengan yang baru ,jika belum ,ya di-installlah dari driver bawaannya .

¢Metode atau Cara Sederhana Memperbaiki Power Supply
¢1. Komputer / PC tidak ada power.

Berarti tidak ada aliran listrik, maka periksalah stop kontak untuk memastikan bahwa alat ini dalam keadaan baik. Bila anda yakin Komputer / PC terhubung, periksa kabel listrik ke PC untuk memastikan bahwa tegangan AC tersambung ke unit sistem. Bila daya ada, nyalakan PC dan memeriksa arus dari catu daya ke motherboard.

2. Masalah Reboot Komputer / PC sendiri.

Satu hal yang mungkin Anda hadapi dalam mengatasi masalah Power Supply adalah ketika PC Reebot sendiri tanpa ada peringatan informasi yang berarti. Boor error saat komputer dijalankan awalnya juga adalah tanda bahwa catu daya sedang bermasalah (sakit).

3. Masalah dalam Mendistribusikan Daya.

Jika catu daya hidup tapi tidak sempurna, ada kemungkinan bahwa salah satu perangkat dapat menerima pasokan listrik tetapi yang lainnya tidak. Artinya penyebaran daya tidak merata. Misalnya, hard drive dapat menerima daya, sedangkan drive CD-ROM tidak bisa.

4. Masalah koneksi Power Supply.

Nah, jika memeriksa stop kontak serta kabel listrik sudah Anda lakukan dan keduanya berfungsi dengan baik, maka langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah memeriksa atau mengecek koneksi ke Motherboard. Jika tidak, masa masalah benar-benar di Power Supply, dan anda dapat dengan mudah memeriksa output dari power supply menggunakan multimeter.
¢
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar